Askar atau polisi yang bertugas di dalam kompleks Masjidil Haram

𝗖𝘂𝗺𝗮 𝗣𝗿𝗶𝗮 𝗜𝗻𝗶 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗕𝗲𝗿𝗮𝗻𝗶 𝗕𝗲𝗿𝗱𝗶𝗿𝗶 𝗱𝗶 𝗗𝗲𝗽𝗮𝗻 𝗝𝗮𝗺𝗮𝗮𝗵 𝗠𝗮𝘀𝗷𝗶𝗱𝗶𝗹 𝗛𝗮𝗿𝗮𝗺 𝗦𝗮𝗮𝘁 𝗦𝗮𝗹𝗮𝘁, 𝗦𝗶𝗮𝗽𝗮𝗸𝗮𝗵 𝗠𝗲𝗿𝗲𝗸𝗮?


Jika Anda pernah melakukan ibadah haji atau umrah ke Makkah, Arab Saudi, pasti tidak asing dengan para pria berseragam cokelat yang kerap berdiri di depan Ka'bah.

Mereka juga tidak menyingkir saat orang-orang melakukan ibadah salat fardu atau sunah, bahkan di depan imam Masjidil Haram sekalipun. Siapakah mereka?

Mereka adalah askar atau polisi yang bertugas di dalam kompleks Masjidil Haram. Dilansir dari Haramain Info, tugas para askar sangat vital dalam menjaga kekondusifan di Masjidil Haram. Mereka ditempatkan di titik-titik di masjid terbesar di dunia tersebut.

Selain menjaga kekondusifan di Masjidil Haram, mereka juga bertugas menjaga para imam, pengajar Masjidil Haram, muadzin, dan para pejabat yang sedang berada di Masjidil Haram.

Ketika para imam sedang memimpin sholat atau sedang berkhutbah maka mereka akan berada di posisi terdepan. Tujuannya untuk menjaga para imam.

Para askar juga ditempatkan pada shaf-shaf pertama di Masjidil Haram. Jika Anda pernah ibadah haji atau umrah pasti tak asing dengan pemandangan ini.



𝗟𝗮𝗻𝘁𝗮𝘀 𝗯𝗮𝗴𝗮𝗶𝗺𝗮𝗻𝗮 𝗵𝘂𝗸𝘂𝗺𝗻𝘆𝗮?

Berdiri di depan orang yang sholat tidak masalah, selama sholat berjemaah sedang berlangsung. Mengapa? Karena sutrah (sesuatu yang dijadikan pembatas di depan orang sholat, dengan tujuan mencegah orang lain lewat di depannya) makmum berada di imam.

Maka tidak jadi masalah jika mereka para askar berdiri di depan orang-orang yang sedang sholat. Namun, terdapat pengecualian, sutrah dalam salat berjemaah terdapat di imam, maka hanya imam yang tidak boleh dilewati oleh orang lain, termasuk askar.

Perlu diketahui, mereka para askar akan melaksanakan salat berjemaah setelah jemaah utama selesai.

Komentar

Kajian Populer

Rekam jejak sikap oknum dan PBNU selama sekitar 100 tahun terakhir terhadap Muslimiin yang bukan NU

Adi Hidayat : "Dubesnya NU di Muhammadiyah"

Makkah Royal Clock Tower adalah "Tanduk Setan" di kota Nejd...?