Akhlak yang Terlupa

Abu Dzar RA turut meriwayatkan. Ia mengatakan :

سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ الْعَمَل أَفْضَلُ قَالَ: إِيمَانُ بِاللَّهِ وَجِهادٌ في سَبيلِهِ قُلْتُ: فَأَيُّ الرِّقَابِ أَفْضَلُ قَالَ: أَغْلَاهَا ثَمَنَّا وَأَنْفَسُها عِنْدَ أَهْلِهَا قُلْتُ: فَإِنْ لَمْ أَفْعَلْ قَالَ: تُعِينُ صَائِعًا أَوْ تَصْنَعُ لِأَخْرَقَ قَالَ: فَإِنْ لَمْ أَفْعَلْ قَالَ: تَدَعُ النَّاسَ مِنَ الشَّرِّ فَإِنَّها صَدَقَةٌ تَصَدَّقُ بِهَا عَلَى نَفْسِكَ أَخرجه البخاري في: ٤٩ كتاب العتق

Artinya: "Aku bertanya kepada Nabi SAW: 'Apakah amal yang utama? 'Jawabnya: 'Iman kepada Allah dan jihad fi sabilillah. 'Lalu aku tanya lagi: 'Memerdekakan budak mana yang lebih utama?' Nabi SAW menjawab: 'Yang lebih mahal harganya dan yang sangat disayang oleh pemiliknya. 'Abu Dzar bertanya: 'Jika aku tidak bisa melakukan itu?' Nabi SAW bersabda, 'Membantu orang yang melakukan demikian, atau melaksanakan untuk orang yang tidak bisa (mewakili orang yang tidak bisa melakukannya). 'Abu Dzar bertanya lagi: 'Jika tidak bisa juga?' Nabi SAW menjawab: 'Menghindarkan orang-orang dari kejahatan, maka itu sebagai sedekah untuk dirimu.'" (HR Bukhari dalam kitab Memerdekakan Budak)

Introspeksi Diri, Akhlak yang Terlupa

Dalam perjalanan hidup di dunia, tentunya seorang muslim tidak akan lepas dari kesalahan dan dosa sebagai akibat hawa nafsu yang diperturutkan. Selain itu, buah pemikiran yang dihasilkan manusia, yang dibangga-banggakan oleh pemiliknya, tidak jarang yang menyelisihi kebenaran, tidak sedikit yang bertentangan dengan ajaran yang ditetapkan oleh Allah dan rasul-Nya. Oleh karenanya, seiring waktu yang diberikan Allah kepada manusia di dunia, sepatutnya dipergunakan untuk mengintrospeksi segala perilaku dan pemikiran yang dia miliki, sehingga mendorongnya untuk mengoreksi diri ke arah yang lebih baik. (Baca selanjutnya, KLIK DISINI)

Simak uraian Buya Dr. H. Gusrizal Gazahar, Lc., MA.Ag., Dt Palmo Basa, berikut :

Komentar

Kajian Populer

Adi Hidayat : "Dubesnya NU di Muhammadiyah"

Makkah Royal Clock Tower adalah "Tanduk Setan" di kota Nejd...?

Perbedaan Muhammadiyah dengan Wahabi