Anjuran Rasulullah Menjaga Kebersihan Halaman Rumah


Anjuran Rasulullah Menjaga Kebersihan Halaman Rumah

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan, baik dan menyukai kebaikan, bersih dan menyukai kebersihan. Oleh karena itu bersihkanlah halaman rumah kalian dan jangan kalian menyerupai yahudi” (H.R At-Tarmidzi)

Rumah memiliki fungsi sebagai tempat tinggal. Beragam kegiatan dilakukan di dalamnya dan biasanya bertujuan untuk mendukung terpenuhinya kebutuhan hidup harian sebuah keluarga. Mengingat perannya yang begitu besar, menjaga kebersihan rumah hendaknya harus selalu diterapkan agar dapat mendukung kesehatan penghuninya. Salah satu cara yang sangat dianjurkan adalah membersihkan halaman.

Hal ini sebagaimana diketahui dalam sebuah hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

طَهِّرُوا أَفْنِيَتَكُمْ ، فَإِنَّ الْيَهُودَ لَا تُطَهِّرُ أَفْنِيَتَهَا " . أخرجه الطبراني في "المعجم الأوسط" (4057) ، وحسنه الشيخ الألباني في "السلسلة الصحيحة" 

"Bersihkan halaman kamu, karena sesungguhnya orang Yahudi tidak membersihkan halamannya." (HR. Tabrani). 

Halaman biasanya merupakan bagian terdepan dari sebuah rumah. Penampakannya tentu saja mencerminkan cara penghuninya menjalani kehidupan. Halaman yang kotor dan tidak terawat bisa menjadi salah satu penyebab bersarangnya sumber penyakit. Membersihkan halaman adalah salah satu cara yang dianjurkan Rasulullah untuk menjaga diri dan keluarga tetap sehat dan prima.

Bahkan, menurut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kebiasaan buruk membiarkan halaman rumah tidak terawat sejatinya merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh orang Yahudi. Sebagai umat Islam tentu haram bagi kita melakukan hal-hal yang dilakukan oleh kaum tersebut. Tidak hanya itu, area yang kotor dan tidak terawat juga dapat menjadi tempat berkumpulnya setan.

Maka tidak jarang kita menemui orang-orang yang gemar berbuat maksiat adalah mereka yang tak peduli pada kebersihan diri dan lingkungannya. Hal ini terjadi lantaran mereka lebih mudah terhasut oleh godaan setan yang mendiami area dari sudut rumahnya yang tak terawat. Oleh karena itu, hendaknya kita harus selalu menyisihkan waktu untuk menjaga kebersihan lingkungan mengingat Allah Subhanahu wa Ta’ala begitu mencintai kebersihan dan keindahan.

Sumber : https://blog.aksiamal.com

Komentar

Kajian Populer

Rekam jejak sikap oknum dan PBNU selama sekitar 100 tahun terakhir terhadap Muslimiin yang bukan NU

Adi Hidayat : "Dubesnya NU di Muhammadiyah"

Makkah Royal Clock Tower adalah "Tanduk Setan" di kota Nejd...?