Penjelasan Ilmiah Perbedaan Waktu Hilal Indonesia-Arab Saudi


Penjelasan Ilmiah Perbedaan Waktu Hillal Indonesia-Arab Saudi

Why Solar Eclipses Don’t Happen Every Month - Orbit Animation Explains

Sumber video : https://youtu.be/jnphuI7hyeM


Secara geografis, posisi Arab Saudi berada di sebelah barat Indonesia, sehingga waktu di Indonesia lebih cepat 4 jam. Tetapi, hilal justru lebih mungkin terlihat lebih dulu di Arab Saudi, karena terlihatnya di sebelah barat pada saat terbenamnya matahari (Ghurub As-Syams), seperti yang terlihat di video animasi atau ilustrasi di atas.

Semakin ke arah barat dan bertambahnya waktu, maka posisi hilal akan semakin tinggi dan mudah dilihat. Letak geografis Arab Saudi berada di sebelah barat Indonesia, sehingga posisi hilal di Arab Saudi lebih tinggi di tanggal yang sama.

"Jadi kurang tepat jika memahami karena Indonesia lebih cepat 4 jam dari Arab Saudi, maka Indonesia mestinya melaksanakan hari raya Idul Adha dan Idul Fitri lebih cepat dari Makkah.

Simak video berikut :

Walaupun Indonesia (WIB), memiliki zona waktu 4 jam lebih dulu dibanding Saudi Arabia, tidak berarti puasa atau lebaran harus terjadi lebih dulu dibanding Saudi Arabia.


Untuk lebih lanjut simak video berikut :

(1) Menentukan awal puasa memakai aplikasi SkyPortal (donwload aplikasi, Klik Disini)
Cara ini termasuk dalam Metode Hisab. Sebab tidak perlu mengamati fisik bulan secara langsung. Metode lain adalah Metode Rukyah. Yaitu mengamati hilal/bulan secara langsung, apakah sudah terlihat atau belum. Umumnya memakai teleskop.

(2) Perbedaan awal atau akhir puasa sering terjadi antara yg menggunakan metode Hisab dan Metode Rukyah. Dimana letak perbedaannya? Dengan aplikasi SkyPortal, bisa disimulasikan perbedaan yg terjadi tersebut. Metode mana yg sebaiknya dipakai? Saya kembalikan jepada masing2 individu. Saya tidak akan masuk ke masalah fiqihnya. Sebab ke 2 metode punya dasar, dalil, argumentasi masing-masing.


(3) Pengertian Ijtimak atau Konjungsi, dan Umur Hilal/Bulan. Pakai aplikasi di HP. Aplikasi: SkyPortal dan Daff Moon.


Simak video berikut :
Seminar Hisab Astronomi Posisi Hilal Penentu 1 Zulhijah 1444 H



Baca juga artikel terkait berikut :

Komentar

Kajian Populer

Rekam jejak sikap oknum dan PBNU selama sekitar 100 tahun terakhir terhadap Muslimiin yang bukan NU

Adi Hidayat : "Dubesnya NU di Muhammadiyah"

Makkah Royal Clock Tower adalah "Tanduk Setan" di kota Nejd...?