Tanda hari kiamat matahari terbit dari barat

Sun from the west :


Rasulullah Muhammad SAW tercatat pernah bersabda mengenai salah satu benda langit yang menjadi pusat tata surya kita yakni matahari.

Beliau berkata :

“Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga matahari terbit dari tempat terbenamnya. Apabila ia telah terbit dari barat dan semua manusia melihat hal itu maka semua dari mereka akan beriman. Dan itulah waktu yang tidak ada gunanya iman seseorang yang belum pernah beriman sebelumnya”.

Sekilas, perkataan ini menyinggung tentang perkiraan waktu terjadinya hari kiamat. Namun jika diperhatikan lebih dalam, perkataan Rasulullah ini juga menyinggung tentang perilaku dari benda langit yang bernama matahari.

Baca selengkapnya @ klik :

Mungkinkah NASA menyembunyikan fakta..? Baca klik :

Dalil Matahari Terbit dari Barat Sebagai Tanda Kiamat

Mengutip buku Huru-Hara Hari Kiamat oleh Ibnu Katsir, dijelaskan bahwa taubat tidak diterima setelah terbitnya matahari dari barat.

Allah SWT berfirman, dalam surat Al-An'am ayat 158

هَلْ يَنظُرُونَ إِلَّآ أَن تَأْتِيَهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ أَوْ يَأْتِىَ رَبُّكَ أَوْ يَأْتِىَ بَعْضُ ءَايَٰتِ رَبِّكَ ۗ يَوْمَ يَأْتِى بَعْضُ ءَايَٰتِ رَبِّكَ لَا يَنفَعُ نَفْسًا إِيمَٰنُهَا لَمْ تَكُنْ ءَامَنَتْ مِن قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِىٓ إِيمَٰنِهَا خَيْرًا ۗ قُلِ ٱنتَظِرُوٓا۟ إِنَّا مُنتَظِرُونَ

Artinya: Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan (siksa) Tuhanmu atau kedatangan beberapa ayat Tuhanmu. Pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: "Tunggulah olehmu sesungguhnya Kamipun menunggu (pula)".

Al-Bukhari meriwayatkan, kami diceritakan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Kiamat takkan terjadi sebelum matahari terbit dari barat. Apabila manusia telah melibatnya (terbit dari barat), maka berimanlah seluruh penduduk bumi. Tetapi pada saat itu tidak bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya, yang sebelumnya tidak beriman."

Al-Bukhari meriwayatkan pula dari Abu Hurairah sabda Rasulullah:

"Kiamat takkan terjadi sebelum matahari terbit dari barat. Apabila matahari telah terbit dan manusia melihatnya, maka berimanlah mereka semua. Itulah saat iman seseorang tidak bermanfaat lagi bagi dirinya. Sesudah itu beliau membaca ayat di atas."

Sedangkan Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW sabda:

"Ada tiga kejadian yang apabila telah terjadi, maka iman seseorang tidak berguna lagi bagi dirinya. yang sebelumnya tidak beriman, atau (belum) melakukan kebaikan dalam masa imannya, yaitu: terbitnya matahari dari barat, munculnya asap dan binatang melata dari dalam bumi."

Hadits dari Abu Syarihah Hudzaifah bin Usaid, Rasulullah bersabda,

"Kiamat takkan terjadi sebelum kamu melihat sepuluh tanda: terbitnya matahari dari barat, asap, binatang melata, keluarnya Yajuj Majjuj, turunnya Nabi Isa bin Maryam, Dajjal, tiga kali gempa yakni sekali di barat dan sekali di timur dan sekali lagi di jazirah Arab, keluarnya api dari suatu jurang di Aden yang menggiring manusia -atau mengumpulkan manusia-, api itu menginap bersama mereka di malam hari, dan tetap menyala menungu tidur mereka di siang hari."

Dalam Shahih Al Bukhari dan Shahih Muslim dari Abu Dzar, Rasulullah SAW pernah bersabda kepadaku,

"Tahukah kamu kemana perginya matahari ini apabila telah terbenam? Tidak, jawabku. Rasul bersabda: Sesungguhnya dia pergi bersujud di bawah Arsy kemudian meminta izin (untuk tdak terbit lagi). Oleh karena itu tidak lama lagi akan dikatakan kepadanya, 'Kembalilah dari mana kamu datang. Maka pada saat itulah iman seseorang tidak bermanfaat bagi dirinya, yang sebelumnya tidak beriman, atau (belum) melakukan kebaikan selama masa imannya.

Komentar

Kajian Populer

Rekam jejak sikap oknum dan PBNU selama sekitar 100 tahun terakhir terhadap Muslimiin yang bukan NU

Adi Hidayat : "Dubesnya NU di Muhammadiyah"

Makkah Royal Clock Tower adalah "Tanduk Setan" di kota Nejd...?