Grand Syekh Al Azhar: Sunny dan Syiah Adalah Saudara.???

Grand Syekh Al Azhar: Sunny dan Syiah Adalah Saudara

Grand Syekh Al Azhar Prof. Dr. Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb mengatakan bahwa umat Islam yang berakidah Ahlussunah bersaudara dengan umat Islam dari golongan Syiah. 
“Sunny dan syiah adalah saudara,” terang Syekh Ath-Thayyeb saat dimintai pandangannya oleh Dirjen Bimas Islam Machasin terkait permasalahan Sunny dan Syiah saat melakukan pertemuan di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta, Senin (22/02). Hadir dalam kesempatan ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta sejumlah ulama dan tokoh cendekiawan muslim.


Menurut Syekh Ath-Thayyeb, Islam mempunyai definisi yang jelas. Yaitu, bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah, menegakkan salat, berpuasa, berzakat, dan beribadah haji bagi yang mampu. “Mereka yang melaksanakan lima hal pokok ini maka dia muslim. Kecuali mereka yang mendustakan,” tegasnya.

Grand Syekh menilai bahwa tidak ada masalah prinsip yang menyebabkan kaum Syiah keluar dari Islam. Bahkan, banyak ajaran Syiah yang dekat dengan pemahaman Sunny. Perbedaan antara Sunny dan Syiah dalam pandangan Syekh Thayyeb hanya pada masalah imamiah. “Syiah mengatakan imamiah bagian dari Ushuluddin, kita mengatakan sebagai masalah furu’,” terangnya.

“Kalau kita membaca kitab-kitab Syiah yang lama, mereka secara umum menghormati para sahabat,” tambahnya lagi. (Baca selengkapnya; https://kemenag.go.id/nasional/grand-syekh-al-azhar-sunny-dan-syiah-adalah-saudara-9dayih)

----
Benarkah ucapan Grand Syekh Al Azhar Prof. Dr. Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb tersebut diatas (apakah beliau bartaqiyah "?")

Simak video berikut :

Sumber video: https://youtu.be/IXts




Sementara Grand Syekh Al Azhar Prof. Dr. Syekh Ahmad Muhammad ath-Thayyeb (Grand Syekh Al-Azhar Ke-48) pada Konferensi Muktamar Internasional Aswaja Di Chechnya tgl. 25 Agustus 2016. Menyatakan Wahabi-Salafi bukan ahli sunnah, karena tidak bermazhab Asy'ariyah Muturidiyah dan Sufiyah, simak video berikut :


Baca juga artikel terkait :

Komentar

Kajian Populer

Rekam jejak sikap oknum dan PBNU selama sekitar 100 tahun terakhir terhadap Muslimiin yang bukan NU

Adi Hidayat : "Dubesnya NU di Muhammadiyah"

Makkah Royal Clock Tower adalah "Tanduk Setan" di kota Nejd...?